PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SEKRETARIAT DAERAH KOTA PAREPARE
NAMA : ROSDA RUSTAN
NIS : 20104897
KELAS : XI
MULTIMEDIA 1
SMK NEGERI 1
PINRANG
TAHUN AJARAN
2010/2011
DEPERTEMENT PENDIDIKAN NASIONAL
SMK NEGERI 1 PINRANG
TAHUN PEMBELAJARAN 2010/1011
Nama
Sekolah : SMK
NEGERI 1 PINRANG
Bidang
Study : Teknologi Informasi dan Informatika
Progran
Study : Multimedia
Yang
Bertanda Tangan di bawah ini adalah guru pembimbing SMK Negeri 1 Pinrang untuk
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Tahun ajaran 2010/2011 di bagian Organisasi Setdako Kota Parepare menyetujui atau
mengesahkan hasil laporan Praktek Industri siswa kami Yaitu :
Nama : ROSDA RUSTAN
NIS : 20104897
Kelas : XI Multimedia I
Demikian Disampaikan untuk bahan seperlunya.
Pembimbing Sekolah
Ketua Jurusan Program
Keahlian
Multimedia
SYAIFUDDIN.S,pd HASANUDDIN
S.kom
Nip. Nip.
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Neg. 1 Pinrang
Drs.H.Abd.Azis,M.Pd
PEMERINTAHAN KOTA PARE PARE
SEKRETARIAT DAERAH KOTA PARE PARE
Jalan jend.Sudirman No.78 Parepare, Telp (0421) 21157, fax
(0421) 21090
Nama
Istansi : Sekretariat Daerah Kota
Parepare
Bagian : Organisasi dan Tata Laksana
Yang bertanda
tangan di bawah ini, Pembimbing institusi pada bagian Organisasi Menerangkan bahwa
:
Nama
: Hj. ST. ROHANI, SE
NIP : 19691001
199303 2 003
Jabatan : Kasubag
Kepegawaian & Pengembangan Kinerja
Telah Mengesahakn
hasil Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) siswa tahun ajaran 2010/1011 di
bawah ini :
Nama
: ROSDA
RUSTAN
NIS : 20104897
Kelas : XI
Multimedia I
Demikian Di sampaikan untuk Bahan Seperlunya.
Parepare, 12 April 2012
Mengetahui
Pembimbing
Kabag Organisasi
dan Tata Laksana
Kasubag Kepegawaian &
SETDAKO
PAREPARE Pengembangan Kinerja
Drs. ALIMIN Hj. ST. ROHANI, SE
Nip. 19601231 198111
1 022
Nip. 19691001 199303 2 003
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
Cover .......................................................................................................... 1
Halaman
Pengesahan Sekolah........................................................... 2
Halaman Pengesahan
Instansi........................................................... 3
Daftar isi..................................................................................................... 4
Kata
pengantar........................................................................................ 5
Bab I.
Pendahuluan................................................................................ 6
a. . Latar Belakang Praktek Kerja Industri..................................... 6
b... Tujuan Praktek Kerja Industri..................................................... 7
c... Tujuan Penyusunan Laporan...................................................... 9
d.. Sasaran Praktek Kerja Industri................................................... 9
Bab II
Parepare........................................................................................ 10
a... Selayang Pandang Kota Parepare............................................... 10
b... Visi Kota Parepare............................................................................ 11
c... Misi Kota Parepare........................................................................... 11
d.. Strategi.................................................................................................. 12
e... Tujuan dan Sasaran ........................................................................ 12
f.... Arah Kebijakan.................................................................................. 13
Bab III
Sekretariat Daerah Kota Parepare..................................... 14
a... Sejarah Singkat Kantor SETDAKO Parepare .......................... 14
b... Visi dan Misi SETDAKO Parepare............................................... 15
c... Bagian-Bagian dan Tugas Pokok dalam
SETDAKO Parepare 15
d.. Struktur Organisai ........................................................................... 19
e.
Struktur Organisasi Bag Organisasi dan Tata laksana........... …….. 20
Bab IV
Penutup....................................................................................... 20
a... Kesimpulan......................................................................................... 21
b... Saran...................................................................................................... 21
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas
Rahmat dan Hidayah-NYA lah sehingga kami dapat menyelesaikan laporan PRAKERIN
(Praktek Kerja Industri) ini yang telah di Laksanakan di SEKRETARIAT DAERAH
KOTA PAREPARE selama kurang lebih 3 bulan.
Prakerin Ini
Merupakan salah satu persyaratan yang harus di penuhi untuk Menyempurnakan
program SMK Negeri 1 Pinrang yang Bertujuan untuk menhasilakn siswa/siswi yang
berpengalaman langsung di dunia usaha seuai jurusannya. Terutama bagi kami yang
Jurusan Multimedia. Dalam Penyusunan laporan ini tentunya kami dan begitu pula
pada guru bidang study produktif lainnya meskipun dalam penyusunan laporan ini
telah banyak pihak yang terlibat tapi tentunya masih ada saja kekurangan yang
tedapat didalamya .
Namun
demikian, besar harapan kami selaku penyusun laporan ini senyogyannya laporan
ini dapat diterimah dengan baik dan dapat berguna bagi oarng lain, terlebih
lagi dapat berguna bagi diri sendiri .Oleh karena itu untuk mencapai
kesempurnaan laporan ini ,kami sangat mengharapkan masukan saran , serta kritikan
dan membangun dan dapat diaplikasikan dan sebagai bahan cerminan untuk menyusun
laporan ini selanjutnya .
Parepare,12 April 2012
Penyusun
ROSDA RUSTAN
Nis
: 20104897
BAB 1
PENDAHULUAN
Dalam rangka pelaksanaan sekolah menengah kejuruan (SMK)
dilaksanakan perpanduan antara teori dengan praktek di lapangan, yaitu praktek
kerja industry (PRAKERIN) sebagai salah satu rangkaian yang di dalamnya
merupakan penjabaran oleh Direktur Menengah Kejuruan maka SMK Negeri 1 Pinrang
telah mengadakan kerja sama dengan instansi sebagai pasangan dalam pelaksanaan
kegiatan ini .
1.
LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Prakerin yang biasa disebut PSG
(Pendidikan Sisten Ganda) memiliki arti yaitu melakukan pendidikan secara Ganda di mana memadukan program
pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui
kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, yang terarah untuk mencapai suatu
tingkat keahlian professional tertentu.
Adapun
pelaksanaan prakerin di dasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam :
1.
Direktur
Jenderal pendidikan dasar dan menengah No.511/C.C4/MM/1999 tentang pelaksanaan
kurikulum surat edaran SMK edisi 1999 (hasil penyempurnaan) yang antara lain
mengatakan :
“ paket keahlian produktif di laksanakan di industri atau
sebagian di sekolah dan waktu pendidikan sistim ganda minimal 4 bulan kerja,
mengikuti minggu dan jam kerja industri”
2. Kurikulum tahun 2001, bahwa setiap
siswa wajib melaksanakan Praktek Kerja Industri ,karena Prakerin termasuk salah
satu kelompok mata pelajaran. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Pinrang melaksanakan
program PRAKERIN ini di berbagai dunia usaha baik pada perusahaan jasa maupun
industry baik di dalam maupun di luar daerah
2. TUJUAN PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
Zaman sekarang ini modal
pembangun sebuah bangsa menjadi bangsa yang tidak terbelakang adalah IPTEK (Ilmu Pengetahuan &
Teknologi). Tanpa IPTEK sebuah bangsa tidak akan maju (akan tertinggal), apalgi banngsa kita
pernah dijajah oleh beberapa Negara selama kurang lebih 350 tahun 3.5 abad.
Oleh karena itu pemerintah kita selalu mencari
berbagai cara untuk
bangkkit dari ketinggalan selama ini dan salah satunya dengan perkembangan
IPTEK yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Negara lain yang merupakan hasil
cipta anak bangsa. IPTEK tidak hanya didapatkan di sekolah tetapi juga diluar
sekolah, misalnya dari media-media visual maupun audiovisual contohnya
TV,buku-buku,majalah,dll.
Bagi siswi-siswi SMK
salah satu tujuan diadakannya PRAKERIN ini adalah untuk mengembangkan ilmu yang
telah didapatkan di sekolah dan bias mengetahui secara langsung bagaimana
situasi di lapangan kerja. Oleh karena itu, pihak-pihak sekolah berupanya
mencari tempat-tempat praktek yang dapat membantu seluruh siswa mengembangkan
pengetahuannya. Keggiatan ini dilakukan guna mendukung pelaksanaan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) dalam rangka link and match dimana Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) bekerja sama dengan dunia usaha untuk meningkat
kualitas lulusan SMK sebagai Sumber Daya Manusia yang handal dan professional.
SMK Negeri 1 Pinrang adalah sekolah yang mengajarkan
bisnis dan manajemen, selalu berusaha meningkatkan kualitas, kualitas dan
keprofesionalan siswi-siswinya dimana visinya adalah:
“Menjadi Lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dan
kompetitif dibidang bisnis, pariwisata dan teknololgi”
Oleh karena itu, pihak-pihak SMK Negeri 1 Pinrang ini memberi
kesempatan kepada anak didik mereka untuk mengembangkan kemanpuannya dengan
pelaksanaan PRAKERIN ini, Salah satu contohnya penulis yang telah mengadakan
praktek di perusahaan besar, kantor Walikota.
Adapun tujuan diadakannya PRAKERIN ini adalah
sebagai berikut :
Tujuan Umum
:
1.
Memberi
kesempatan kepada siswi-siswi agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja,
khususnya yang sesuai dengan bidang kejuruan yang ditekuni.
2.
Menghasilkan
calon tenaga yang siap kerja sesuai keahlian yang handal & professional,
yaitu tenaga kerja yang memeliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos
kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
3.
Memperkokoh
Link and Matc antara sekolah dengan dunia kerja.
4.
Memberi
pengakuan dan penghargaan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai
bagian dari proses pendidikan
Tujuan
Khusus :
1.
Untuk
mencari keselarasan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dengan kenyataan di
lapangan
2.
Menerapkan
ilmu-ilmu yang didapat di sekolah
3.
Menambah/memperluas
wawasan akan bidangnya masing-masing
4.
Membandingkan
teori-teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan kenyataan langsung
dilapangan
5.
Memperoleh
pengalaman kerja
6.
Sebagai
salah satu syarat kelulusan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tingggi.
3.
TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN
Tujuan penyusunan
laporan ini adalah memberikan gambaran singkat tentang hasil pengamatan dan penelitian serta hasil keseluruhan
kegiatan PRAKERIN selama 3 (tiga) bulan, disamping memang telah disyaratkan
oleh dunia usaha tempat praktek untuk memperoleh sertifikat praktek kerja
industri (PRAKERIN),
maka secara umum tujuan penyusunan laporan ini dapat d uraikan
sebagai berikut :
1.
Melatih
dan Mendidik siswa menyusun laporan
2.
Mampu
mengemukakan dan menguraikan kegitan PRAKERIN dalam bentuk laporan
3.
Mampu
menarik kesimpulan dari keseluruhan rangkaian kegiatan PRAKERIN selama 3 bulan
di sebuah instansi / dunia usaha.
4.
Mengembangkan
kreatifitas siswa dalam menyusun laporan kegiatan.
4.
SASARAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Sasaran yang ingin di
capai siswa dalam melaksanakn Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di
instansi/dunia usaha adalah untuk menghasilkan lulusan Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) sebagai sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang handal,
professional dan kreatif dalam bidang keahlian yang digeluti sebagaimana yang
tercantum dalam profil kemampuan jurusan masing-masing dengan persetujuan pengakuan
dunia usaha/industri melalui uji propesi.
BAB II
KOTA PAREPARE
1.
SELAYANG PANDANG KOTA PAREAPRE
Kota cantik ini terletak ditepi pantai
dikaki perbukitan, suguhan pemandangan matahari terbit dengan ke lautannya yang
biru, deretan rumah took, pelabuhan di pusat kota, penduduk Parepare memulai rutinitasnya
sehari-hari, kehidupan sebuah kota mulai berdenyut seiring sang surya yang
makin meninggi .
Hari Beranjak
siang, kota ini diramaikan banyaknya ruko yang membuka usahanya, dan aktivitas
pelabuhan yang sejak semalam tidak pernah tidur .Tukang ojek, tukang becak
sopir Pete-pete atau mobil minibus yang digunakan sebagai angkutan dalam kota
memulai persaingannya mencari penumpang. Toko,Bank, dan rumah makan juga mulai
mengaiz Rezeki .perniagaan dan jaza yang ditawarkan masyarakatnya seperti
menjadi ciri kota Parepare .Kota Bandar ini Identik dengan banyak mudik kapal
juga menjadi tontonan sehari-hari. Di Provinsi Sulawesi Selatan, Parepare
adalah salah satu kota terbesar setelah Kota Makassar. Karena itu,
keberadaannya cukup dibutuhkan untuk mendukung fungsi ibukota propinsi itu .
Dari sisi
geografis, kota ini tidak terlalu jauh dari ibu kota provinsi. Jaraknya kurang
lebih 155 kilometer kearah utara atau
memakan waktu 3-4 jam perjalanan darat.
Posisinya tepat di pesisir Selat Makassar yang memisahkan
pulau Sulawesi dan pulau Kalimantan sehingga arus lalu lintas antar pulau
menjadi salah satu layanan yang tersedia di beberapa pelabuhannya .
Kota Parepare
memiliki pelabuhan sebagai utama dalam transportasi laut, dimana pelabuhan yang
terbesar adalah pelabuhan nusantara sebagai pelabuhan penumpang dan barang,
terutama hasil bumi yang berasal dari daerah-daerah tetangga apabila hendak
berkunjung pergi atau hanya singgah dikota ini pemasaran hasil komoditi
daerahnya .
Parepare saat
ini juga memiliki tiga terminal angkutan umum yaitu terminal induk Lumpue,
Terminal pembantu Lapadde dan Terminal Pembantu Soreang .
Keberadaan
Ruko-ruko pelabuhan maupun terminal angkutan darat dan juga terkenal dengan
berbagai produk luar negeri yang merupakan dukungan terbesar bagi aktivitas
roda perekonomian di Parepare .
Dengan
Tersedianya fasilitas ruko, pusat perbelanjaan ,perbankan, perumahan hingga
hotel dan restoran sehingga membuat parepare sebagai kota jasa akan semakin
mempercepat pencapaiannya menuju sebuah kota Bandar yang penuh harapan dan
dambaan .
2.
VISI KOTA PAREPARE
Visi yang ingin diwujudkan dalam
pembangunan Kota Parepare Tahun 2008-2013 adalah :
Parepare Sebagai Bandar Madani dengan
Masyarakat yang Mandiri,Religus serta Berkomitmen Lingkungan
Bandar Madani adalah kondisian sebagai sebuah kota pelabuhan,persinggahan
dan pemukiman yang memiliki kecukupan sarana dan fasilitas bagi berlangsungnya
kehidupan yang sejahtera dan beperadaban tinggi .
Mandiri adalah kondisi tatanan masyarakat yang
berpendidikan,sehat,inovatif,Produktif, sadar kewajiban dan Berdaya .
Religius adalah kondisi
tatanan masyarakat yang agamis, etis, cinta kerukunan dan kedamaian, saling
menghargai ,serta menjunjung tinggi hak-hak sesama manusia .
Berkomitmen Lingkungan adalah kondisi tatanan masyarakat yang
menghargai dan cinta terhadap lingkungan sebnagai tempat hidup serta dan
efektif dalam memanfaatkan sumberdaya .
3.
MISI KOTA PARAEPARE
Misi Pembangunan kota Parepare dalam
kurun waktu 2008-2013 adalah sebagai berikut :
1.
Mewujudkan
peningkatan dan pemeretaan kesehjahteraan masyarakat ;
2. Mewujudkan kecukupan
sarana,prasarana,infrastruktur dan fasilitas kota;
3.Mewujudkan Peningkatan derajat
pendidikan dan kesehatan masyarakat;
4.Mewujudkan tatanan masyarakat yang religious ,toleran tetib dan
humanis;
5.Mewudkan tatanan masyarakat yang berwawasan lingkungan;
6.Mewujdkan tata kelola pemerintah yang baik .
5.
STRATEGI
Pada prinsipnya,
untuk pemerintahan dan pembangunan kedepan, strategi dasar yang akan dilakukan
adalah reformasi local, yakni perubahan untuk penguatan local, mencakup
aspek-aspek berikut.
Reformasi
kebijakan, mencakup penyesuaian semua kebijakan dan
regulasi sehingga menjadi berpihak dan berbasis masyrakat.
Reformasi
sumberdaya, mencakup peningkatan kualitas dan
kemampuan sumberdaya manusia, serta pemeliharaan dan pengembangan sumberdaya
alam idan lingkungan.
Reformasi
pelayanan, mencakup perbaikan semua bentuk pelayanan public,
pemberlakukan/perbaikan standar pelayanan minimal, serta pengembangan
partisipasi masyarakat secara lebih insetif.
Reformasi
ekonomi, mencakup penguatan ekonomi masyarakat pada
semua sector, didukung oleh penguatan peran Investasi dari luat daerah.
Reformasi
Birokrasi, mencakup penataan kelembagaan dan
kewenangan, penguatan kompetensi dan keahlian, serta penciptaan pemerintahan
yang bersih.
6.
TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan yang hendak
di capai berdasarkan Misi-1” Mewujudkan peningkatan dan pemerataan
kesejahteraaan masyarakat” adalah:
1.
Mendorong
pertumbuhan ekonomi daerah ;
2. Mengurangi jumlah
rumah tangga miskin;
3. Memenuhi
kebutuhan lapangan kerja, kesempatan berusaha dan jasa ketenagakerjaan;
4. Menjaga ketahanan
pangan masyarakat;
5. Mendorong
kemajuan wisata kota;
6. Mendorong
pengembangan produk unggulan local;
Sasaran yang hendak
dicapai untuk keberhasilan tujuan-tujuan pada misi ini adalah:
1.
Pertumbuhan
ekonomi diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan;
2. Pendapatan
perkapita masyarakat di atas
rata-rata pendapatan perkapita penduduk
Sulawesi Selatan;
3. Jumlah penduduk
miskin di bawah rata-rata Sulawesi Selatan;
4. Angka
pengangguran di bawah rata-rata Sulawesi Selatan;
5. Kebutuhan tenaga
kerja terlayani dengan baik;
6. Keamanan pangan dan obat-obatan terjaga;
7. wisata kota
berkembang;
8. Produk unggulan
local berkembang;
6.
ARAH KEBIJAKAN
Arah kebijakan
untuk mencapai tujuan dan sasaran berdasarkan misi-1;” Mewujudkan peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat” adalah;
· Pengembangan
parepare sebagai “ kota jasa dan niaga”
· Penguatan tatanan
kehidupan masyrakat yang bertumouh pada sector jasa, niaga dan industry,
pengembangan kelembagaan usaha dan peluang berusaha, serta penciptanya daya
saing usaha dan daya saing produk yang tinggi.
· Pengembangan
system dan kualitas pengelolaan sumberdaya alam untuk kegiatan pertanian,
perkebunan, perikanan, kelautan, peternakan, perhutanan, pertambangan, dengan
penguatan pada system usaha lahan subtitusional ( agroindustri dan agribisnis
yang di dukung oleh teknologi produksi, pengelolahan dan pemasaran yang
mutakhir).
· Peningktan system
dan kualitas pelayanan jasa ketenagakerjaan, kependudukan dan kesejahteraan
social, serta legalitas Usaha.
· Penigkatan
pelayanan kepariwisata, antara lain wisata berbaris agribisnis, ekowisata,
wisata belanja, penyediaan sarana akomodasi untuk wisatatwan, serta
pengembangan daerah sebagai pusat informasi tujuan wisata regional.
· Peningkatan
pemantauan distribusi dan keamanan pangan dan obat.
· Pengembangan
model-model pemanfaatan sumberdaya, lingkungan, social-budaya, yang mecirikan
karakteristik masyarakat-kinerja dan produk khas local berbaris kerakyatan.
BAB III
SEKRETARIAT DAERAH KOTA PAREPARE
A.
Sejarah Singkat Kantor Sekretriat
Daerah Kota Parepare
Sebelum
kantor Sekretariat Daerah Kota Parepare yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman
No. 78 Parepare, Walikota pada saat itu, Drs. H.M.Joesoef Madjid mengadakan
kerja sama dengan CV. Perdana Cipta. Mereka merencanakan tentang Pembangunan
Kantor Daerah yang rencananya akan didirikan pada luas areal tanah berskala 1:
200, tawaran itu tidak langsung diterima oleh pihak CV. Perdana Cipta tetapi
dengan melalui pertimbangan yang matang, akhirnya penawaran kerjasama itupun
diterima sehingga tahun 1979 Kantor Daerah dibangun dan diresmikan oleh Amir
Mahmud dari Jakarta pada tahun 1982.
Kantor
Daerah tersebut yang terdiri dari beberapa bagian diadakan renovasi perombakan
dan penambahan beberapa bangunan dan perbaikan terus menerus sampai menjadi
seperti sekarang ini sehingga saat ini jumlah keseluruhannya 10 (sepuluh)
bagian.
Adapun
pejabat-pejabat Walikota sejak terbentuknya Kota Praja hingga Kota Parepare
sekarang ini, adalah sebagai berikut :
1.
H. Andi Mannaungi Walikota
KDH (1960-1965)
2. Andi Mappangara Walikota KDH (1965-1968)
3. H. Andi Makkoelaoe Pgs.Walikota
KDH (1968-1969)
4. Drs. A. Mallarangeng Walikota KDH (1969-1972)
5. Abdullah Adjaib Walikotamadya KDH (1972-1973)
6. Drs. H. Prawansa Walikotamadya KDH (1973-1977)
7. Drs. H. Joesoef Madjid Walikotamadya KDH (1977-1983)
8. Drs. H. Andi Samad Thahir Walikotamadya KDH (1983-1988)
9. H. Mirdin Kasim, SH.M.Si Walikotamadya KDH (1988-1993)
10. Drs. H. Syamsul
Alam Bulu, M.Si Walikotamadya KDH (1993-1998)
11. H. Basrah Hafid,
SH. MM Walikota (1998-2003)
12. Drs. H.Tadjuddin
Kammisi,MM. Walikota (1998-2003)
13. Drs. H. Mohammad
Zain Katoe Walikota (2003-2008)
B.
Visi dan Misi Sekretariat daerah
Kota Parepare
I.
VISI
“Terwujudnya Sekretariat
Daerah sebagai organisasi yang terdepan dalam pelayanan Administrasi Pemerintah
dan Pembangunan dalam mendukung visi kota parepare”.
II.
MISI
1.
Mewujudkan
System Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah dan Pembangunan serta Pelayanan Publik yang efisien dan
efektif;
2. Menciptakan
hubungan kerja yang Harmonis, baik dengan satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kota
Parepare maupun instansi vertical;
3. Meningkatkan
efesien dan efektivitas Pembinaan dan Pelayanan Kepada Pangkat Daerah,
Masyarakat dan Lembaga Pemerintah lainnya;
4. Meningkatkan
Kinerja Organisasi dan Ketatalaksanaan, dalam menyusun kebijakan dan
mengkoordinasi Pelaksanaan Tugas Dinas dan Lembaga Teknis Daerah;
5. Melaksanakan
Pembinaan Administrasi dan Pemamfaatan Sumber Daya Apatur serta Keuangan
Daerah;
6. Meningkatkan
Kesejahteraan Aparatur Sekretariat Daerah serta Sarana dan Prasarana Kerja.
C.
Bagian-bagian dan Tugas Pokok dalam Sekretariat Daerah Kota Parepare
I.
Sekretaris Daerah
Sekertaris daerah mempunyai tugas pokok dan kewajiban membantu
Walikota dalam melaksanakan penyelenggara pemerintah, pembangunan dan pembinaan
masyarakat, pembinaan administrasi, organisasi dan tata laksana serta menyusun
kebijakan dan menkoordinasi dinas daerah dan lembaga teknis daerah.
II. Asisten
Bidang Pemerintahan
Asisten pemerintahan dan
kesejahteraan rakyat mempunyai tugas membantu sekretaris daerah dalam
penyelenggaraan tugas pokok pengkoordinasian kebijakan administrasi pemerintah
umum, kesejahteraan rakyat, pembinaan hubungan kemasyarakatan serta memimpin,
merencanakan, menkoordinasikan bagian-bagian yang terkait dengan bidang
pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, pembinaan hubungan kemasyarakatan serta
memimpin, merencanakan, menkoordinasikan bagian-bagian yang terkait dengan
bidang pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat. Asisten Pemerintahan dan
kesejahteraan rakyat terbagi 3 (tiga) bagian yaitu
a.
Bagian Pemerintahan
Bagian tata pemerintahan
dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan
pengkoordinasian dan penyiapan rancangan kebijakan penyelenggaraan administrasi
pemerintahan umum termasuk penataan kewenangan dan pelimpahan kewenangan ,
pengawasan dan pembantuan, ketentraman, ketertiban, perlindungan masyarakat,
penanggulangan bencana, kependudukan, dan kerjasama serta melaksanakan sebagian
kewenangan di bidang pertanahan secara berjenjang berdasarkan peraturan yang
ada serta penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan.
otonomi daerah, perangkat daerah dan pemerintah kecamatan dan kelurahan.
b.
Bagian Hukum dan
Perundang-undangan
Bagian hokum dan
perundang-undangan mempunyai tugas pokok merumuskan, merencanakan, membina,
mengawasi kegiatan Program Peraturan Perundang-undangan dan dokumentasi hokum,
Bantuan hokum, dan Hak Asasi Manusia (HAM) dan tidak lanjut.
c.
Bagian Humas dan Protokol
Bagian humas dipimpin
oleh seorang kepala bagian yang mempunyai tugas pokok merencanakan,
mengkoordinasikan, dan mengawasi pelaksanaan tugas kesatuan bangsa dan politik,
pemuda, olahraga dan pemberdayaan masyarakat serta pembinaan-pembinaan Humas
& Protokol, guna memperjelas kebijakan pimpinan dan pemerintah daerah serta
kelancaran hubungan komunikasi antar tingkatan pemerintah.
III. Asisten
Bidang Ekbang dan Kesra
Asisten sekertaris daerah bidang perekonomian dan pembangunan
mempunyai tugas merumuskan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan,
melaksanakan tugas pokok di bidang administrasi pembangunan, sumber daya alam
dan perekonomian.
Asisten bidang perekonomian dan pembangunan terdiri
dari 3 (tiga) bagian yaitu :
a.
Bagian Ekonomi dan Penanaman
Modal
Bagian ekonomi dan
penanam modal dipimpin oleh kepala bagian yang mempunyai tugas pokok
merumuskan, merencanakan, membina dan mengawasi program dan koperasi dan usaha
kecil, menengah, perindustrian, perdagangan, penanam modal dan badan usaha
daerah.
b. Bagian
Pembangunan
Bagian pembangunan
dipimpin oleh seorang kepala bagian mempunyai tugas pokok melaksanakan dan
mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Pembina administrasi
pembangunan, melaksanakan kegiatan dalam lingkup secretariat daerah,
pengendalian dan pelaporan kegiatan pembangunan serta menyusun program kerja
pemerintah daerah.
c.
Bagian Kesra
Bagian kesejahteraan
rakyat dipimpin oleh seseorang kepala bagian yang mempunyai tugas pokok
melaksanakan koordinasi dan penyiapan rancangan kebijakan di bidang pendidikan,
kesehatan, social, tenaga kerja, transmigrasi, pemberdayaan perempuan, KB dan
pembinaan mental spiritual dan keagamaan.
IV. Asisten
Bidang Administrasi Umum
Asisten bidang
administrasi umum mempunyai tugas pokok merumuskan, mengkoordinasikan, membina,
mengendalikan pelaksanaan tugas di bidang hukum dan perundang-undangan,
organisasi dan tatalaksana, keuangan dan umum.
Asisten bidang administrasi umum terdiri dari 4
(empat) bagian yaitu :
Bagian Umum
Bagian umum dipimpin
oleh seorang Kepala Bagian yang mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris
Daerah dalam melaksanakan kegiatan dan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis
pembinaan ketatausahaan pimpinan, kearsipan, urusan rumah tangga dan
perlengkapan.
a.
Bagian Keuangan
Bagian keuangan dipimpin
oleh seorang Kepala Bagian yang mempunyai tugas melaksanakan, menyiapkan,
penyusunan rencana anggaran Sekretariat. Daerah mengurus dan menata usahakan
keuangan serta menyiapkan laporan keuangan secretariat daerah.
b.
Bagian Pengelolaan Aset
Bagian Pengelolaan Aset
dipimpin oleh Kepala bagian yang mempunyai tugas pokok merumuskan, merencanakan
dan mendistribusi,inventarisasi aset,pengawasan dan penghapusan aset .
d.
Bagian Organisasi dan Tata
Laksana
Bagian Organisasi dan
Tata Laksana mempunyai tugas mengkaji bahan kebijakan umum dan fasilitasi
penataan kelembagaan dan analisis jabatan, ketatalaksanaan dan pembinaan
standar pelayanan serta pengembangan kinerja kepegawaian serta
mengkoordinasikan melaksanakan tugas bidang kearsipan, perpustakaan dan
kepegawaian.
BAB IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Setelah
menyelesaikan praktek kerja industri (PRAKERIN) pada SETDAKO parepare pada
Bagian Organisasi kami dapat menyimpulkan sebagai merikut :
1). Tidak semua kita pelajari disekolah bisa
di praktekkan di perusahaan/instansi.
2). Dengan melakukan praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) kita bisa mengetahui atau mengenal yang namanya instansi sehingga
jika kita bekerja kita akan lebih terbiasa
B.
SARAN
Selama Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) ini kami banyak mendapat pengalaman yang sangat
berarti yang nantinya mampu kami terapkan didunia usaha yang akan kami jalankan
diwaktu yang akan datang,dan tentunya banyak hikmah yang dapat kami petik,namun
manfaat tersebut belum cukup untuk dijadikan pedoman karna adanya kekurangan
yang ada pada diri kami,namun kami sangat mengharapkan bantuan atau saran-saran
yang sifatnya membangun.
Adapun saran-saran yang dapat kami kemukakan :
1.
Untuk Perusahaan
a). kami harapkan kepada perusahaan agar
siswi-siswi diberi bimbingan dari para pelaksana yang tentunya berpengalaman
dalam hal pelaksanaan pekerjaan.
b). kami harapkan agar perusahaan/dunia industri
setiap saat akan memberikan kesempatan pada siswa/siswi SMK NEGERI 1 PINRANG
untuk melaksanakan PRAKERIN untuk membina generasi seutuhnya.
2. Untuk Sekolah
a). agar siswa-siswi SMK NEGERI 1 PINRANG
angkatan selanjutnya yang akan melaksanakan PRAKERIN perusahaan hendaknya
dibekali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.
b). Sebelum siswa-siswi dilepaskan untuk
mengikuti Praktek Kerja Industri diperusahaan/dunia industri terlebih dahulu
dipermantapkan dalam hal perencanaan .
Demikianlah kesimpulan dan saran-saran yang telah kami
kemukakan baik untuk perusahaan maupun untuk sekolah,dengan harapan semoga
memperoleh tanggapan yang positif dan dapat bermanfaat guna meningkatkan mutu
pendidikan baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang guna menjadi
jembatan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi penerus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar