Selasa, 18 September 2012

Contoh Laporan Prakering

PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SEKRETARIAT DAERAH KOTA PAREPARE

      
    
        NAMA    :   ROSDA RUSTAN
     NIS       :   20104897
     KELAS   :   XI MULTIMEDIA 1




SMK NEGERI 1 PINRANG
TAHUN AJARAN 2010/2011

     DEPERTEMENT PENDIDIKAN NASIONAL
   SMK NEGERI 1 PINRANG
         TAHUN PEMBELAJARAN 2010/1011
                          

Nama Sekolah                        :        SMK NEGERI 1 PINRANG
Bidang Study                         :        Teknologi Informasi dan Informatika
Progran Study                       :        Multimedia

                   Yang Bertanda Tangan di bawah ini adalah guru pembimbing SMK Negeri 1 Pinrang untuk Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Tahun ajaran 2010/2011 di bagian Organisasi  Setdako Kota Parepare menyetujui atau mengesahkan hasil laporan Praktek Industri siswa kami Yaitu :
                   Nama                      :        ROSDA RUSTAN
                   NIS                           :        20104897
                   Kelas                       :        XI Multimedia I
Demikian Disampaikan untuk bahan seperlunya.

Pembimbing Sekolah                                                        Ketua Jurusan Program                      
                                                                                                   Keahlian Multimedia  


SYAIFUDDIN.S,pd                                                          HASANUDDIN S.kom
Nip.                                                                                            Nip.
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Neg. 1 Pinrang


Drs.H.Abd.Azis,M.Pd
                                                      
PEMERINTAHAN KOTA PARE PARE
SEKRETARIAT DAERAH KOTA PARE PARE
Jalan jend.Sudirman No.78 Parepare, Telp (0421) 21157, fax (0421) 21090
Kode Pos 91122,Email : humas@pareparekota.go.id Website : www.pareparekota.go.id
                   Nama Istansi       : Sekretariat Daerah Kota Parepare
                    Bagian                   : Organisasi dan Tata Laksana

     Yang bertanda tangan di bawah ini, Pembimbing institusi pada bagian Organisasi Menerangkan bahwa :
                                      Nama     :                Hj. ST. ROHANI, SE
                                      NIP         :                19691001 199303 2 003
                     Jabatan  :                Kasubag Kepegawaian & Pengembangan   Kinerja
     Telah Mengesahakn hasil Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) siswa tahun ajaran 2010/1011 di bawah ini :
                                      Nama     :                ROSDA RUSTAN 
                                      NIS          :                20104897
                                      Kelas      :                XI Multimedia I
Demikian Di sampaikan untuk Bahan Seperlunya.
                                                                                                       Parepare, 12 April 2012
              
                  Mengetahui                                                                    Pembimbing
     Kabag Organisasi dan Tata Laksana                          Kasubag Kepegawaian &
        SETDAKO PAREPARE                                                  Pengembangan Kinerja


                 Drs. ALIMIN                                                                  Hj. ST. ROHANI, SE
   Nip.  19601231 198111 1 022                                 Nip. 19691001 199303 2 003


DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
Cover ..........................................................................................................             1
Halaman Pengesahan Sekolah...........................................................             2
Halaman Pengesahan Instansi...........................................................             3
Daftar isi.....................................................................................................             4
Kata pengantar........................................................................................             5
Bab I. Pendahuluan................................................................................             6
a. . Latar Belakang Praktek Kerja Industri.....................................             6
b... Tujuan Praktek Kerja Industri.....................................................             7
c... Tujuan Penyusunan Laporan......................................................             9
d.. Sasaran Praktek Kerja Industri...................................................             9
Bab II Parepare........................................................................................             10
a... Selayang Pandang Kota Parepare...............................................             10
b... Visi Kota Parepare............................................................................             11
c... Misi Kota Parepare...........................................................................             11
d.. Strategi..................................................................................................             12
e... Tujuan dan Sasaran ........................................................................             12
f.... Arah Kebijakan..................................................................................             13
Bab III Sekretariat Daerah Kota Parepare.....................................             14
a... Sejarah Singkat Kantor SETDAKO Parepare ..........................             14
b... Visi dan Misi SETDAKO Parepare...............................................             15
c... Bagian-Bagian dan Tugas Pokok dalam SETDAKO Parepare        15
d.. Struktur Organisai ...........................................................................             19
         e.   Struktur Organisasi Bag Organisasi dan Tata laksana........... ……..             20
Bab IV Penutup.......................................................................................             20
a... Kesimpulan.........................................................................................             21
b... Saran......................................................................................................             21


KATA PENGANTAR
              Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas Rahmat dan Hidayah-NYA lah sehingga kami dapat menyelesaikan laporan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) ini yang telah di Laksanakan di SEKRETARIAT DAERAH KOTA PAREPARE selama kurang lebih 3 bulan.
           Prakerin Ini Merupakan salah satu persyaratan yang harus di penuhi untuk Menyempurnakan program SMK Negeri 1 Pinrang yang Bertujuan untuk menhasilakn siswa/siswi yang berpengalaman langsung di dunia usaha seuai jurusannya. Terutama bagi kami yang Jurusan Multimedia. Dalam Penyusunan laporan ini tentunya kami dan begitu pula pada guru bidang study produktif lainnya meskipun dalam penyusunan laporan ini telah banyak pihak yang terlibat tapi tentunya masih ada saja kekurangan yang tedapat didalamya .
           Namun demikian, besar harapan kami selaku penyusun laporan ini senyogyannya laporan ini dapat diterimah dengan baik dan dapat berguna bagi oarng lain, terlebih lagi dapat berguna bagi diri sendiri .Oleh karena itu untuk mencapai kesempurnaan laporan ini ,kami sangat mengharapkan masukan saran , serta kritikan dan membangun dan dapat diaplikasikan dan sebagai bahan cerminan untuk menyusun laporan ini selanjutnya .


                                                                                             Parepare,12 April 2012
                                                                                           Penyusun



                                                                                                 ROSDA RUSTAN
                                                                                                      Nis    :  20104897



BAB 1
PENDAHULUAN 
          Dalam rangka pelaksanaan sekolah menengah kejuruan (SMK) dilaksanakan perpanduan antara teori dengan praktek di lapangan, yaitu praktek kerja industry (PRAKERIN) sebagai salah satu rangkaian yang di dalamnya merupakan penjabaran oleh Direktur Menengah Kejuruan maka SMK Negeri 1 Pinrang telah mengadakan kerja sama dengan instansi sebagai pasangan dalam pelaksanaan kegiatan ini .

1.                 LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA INDUSTRI
          Prakerin yang biasa disebut PSG (Pendidikan Sisten Ganda) memiliki arti yaitu melakukan pendidikan secara Ganda di mana memadukan program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu.
        Adapun pelaksanaan prakerin di dasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam :
1.   Direktur Jenderal pendidikan dasar dan menengah No.511/C.C4/MM/1999 tentang pelaksanaan kurikulum surat edaran SMK edisi 1999 (hasil penyempurnaan) yang antara lain mengatakan :
“ paket keahlian produktif di laksanakan di industri atau sebagian di sekolah dan waktu pendidikan sistim ganda minimal 4 bulan kerja, mengikuti minggu dan jam kerja industri”
2. Kurikulum tahun 2001, bahwa setiap siswa wajib melaksanakan Praktek Kerja Industri ,karena Prakerin termasuk salah satu kelompok mata pelajaran. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Pinrang melaksanakan program PRAKERIN ini di berbagai dunia usaha baik pada perusahaan jasa maupun industry baik di dalam maupun di luar daerah





2.      TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Zaman sekarang ini modal pembangun sebuah bangsa menjadi bangsa yang tidak terbelakang  adalah IPTEK (Ilmu Pengetahuan & Teknologi). Tanpa IPTEK sebuah bangsa tidak akan  maju (akan tertinggal), apalgi banngsa kita pernah dijajah oleh beberapa Negara selama kurang lebih 350 tahun 3.5 abad. Oleh karena itu pemerintah kita selalu mencari
berbagai cara untuk bangkkit dari ketinggalan selama ini dan salah satunya dengan perkembangan IPTEK yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Negara lain yang merupakan hasil cipta anak bangsa. IPTEK tidak hanya didapatkan di sekolah tetapi juga diluar sekolah, misalnya dari media-media visual maupun audiovisual contohnya TV,buku-buku,majalah,dll.
Bagi siswi-siswi SMK salah satu tujuan diadakannya PRAKERIN ini adalah untuk mengembangkan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dan bias mengetahui secara langsung bagaimana situasi di lapangan kerja. Oleh karena itu, pihak-pihak sekolah berupanya mencari tempat-tempat praktek yang dapat membantu seluruh siswa mengembangkan pengetahuannya. Keggiatan ini dilakukan guna mendukung pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dalam rangka link and match dimana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bekerja sama dengan dunia usaha untuk meningkat kualitas lulusan SMK sebagai Sumber Daya Manusia yang handal dan professional.
SMK Negeri 1 Pinrang adalah sekolah yang mengajarkan bisnis dan manajemen, selalu berusaha meningkatkan kualitas, kualitas dan keprofesionalan siswi-siswinya dimana visinya adalah:
“Menjadi Lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dan kompetitif dibidang bisnis, pariwisata dan teknololgi”
     Oleh karena itu, pihak-pihak SMK Negeri 1 Pinrang ini memberi kesempatan kepada anak didik mereka untuk mengembangkan kemanpuannya dengan pelaksanaan PRAKERIN ini, Salah satu contohnya penulis yang telah mengadakan praktek di perusahaan besar, kantor Walikota.


 Adapun tujuan diadakannya PRAKERIN ini adalah sebagai berikut  :
Tujuan Umum :
1.                    Memberi kesempatan kepada siswi-siswi agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja, khususnya yang sesuai dengan bidang kejuruan yang ditekuni.
2.                  Menghasilkan calon tenaga yang siap kerja sesuai keahlian yang handal & professional, yaitu tenaga kerja yang memeliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
3.                 Memperkokoh Link and Matc antara sekolah dengan dunia kerja.
4.                  Memberi pengakuan dan penghargaan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan

Tujuan Khusus :
1.                    Untuk mencari keselarasan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dengan kenyataan di lapangan
2.                  Menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di sekolah
3.                 Menambah/memperluas wawasan akan bidangnya masing-masing
4.                  Membandingkan teori-teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan kenyataan langsung dilapangan
5.                 Memperoleh pengalaman kerja
6.                 Sebagai salah satu syarat kelulusan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tingggi.




















3.     TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN

         Tujuan penyusunan laporan ini adalah memberikan gambaran singkat tentang hasil pengamatan  dan penelitian serta hasil keseluruhan kegiatan PRAKERIN selama 3 (tiga) bulan, disamping memang telah disyaratkan oleh dunia usaha tempat praktek untuk memperoleh sertifikat praktek kerja industri (PRAKERIN),
       maka secara umum tujuan penyusunan laporan ini dapat d uraikan sebagai berikut :
1.               Melatih dan Mendidik siswa menyusun laporan
2.               Mampu mengemukakan dan menguraikan kegitan PRAKERIN dalam bentuk laporan
3.               Mampu menarik kesimpulan dari keseluruhan rangkaian kegiatan PRAKERIN selama 3 bulan di sebuah instansi / dunia usaha.
4.               Mengembangkan kreatifitas siswa dalam menyusun laporan kegiatan.

4.      SASARAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Sasaran yang ingin di capai siswa dalam melaksanakn Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di instansi/dunia usaha adalah untuk menghasilkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang handal, professional dan kreatif dalam bidang keahlian yang digeluti sebagaimana yang tercantum dalam profil kemampuan jurusan masing-masing dengan persetujuan pengakuan dunia usaha/industri melalui uji propesi.





BAB II
KOTA PAREPARE
1.                 SELAYANG PANDANG KOTA PAREAPRE
          Kota cantik ini terletak ditepi pantai dikaki perbukitan, suguhan pemandangan matahari terbit dengan ke lautannya yang biru, deretan rumah took, pelabuhan di pusat kota, penduduk Parepare memulai rutinitasnya sehari-hari, kehidupan sebuah kota mulai berdenyut seiring sang surya yang makin meninggi .
          Hari Beranjak siang, kota ini diramaikan banyaknya ruko yang membuka usahanya, dan aktivitas pelabuhan yang sejak semalam tidak pernah tidur .Tukang ojek, tukang becak sopir Pete-pete atau mobil minibus yang digunakan sebagai angkutan dalam kota memulai persaingannya mencari penumpang. Toko,Bank, dan rumah makan juga mulai mengaiz Rezeki .perniagaan dan jaza yang ditawarkan masyarakatnya seperti menjadi ciri kota Parepare .Kota Bandar ini Identik dengan banyak mudik kapal juga menjadi tontonan sehari-hari. Di Provinsi Sulawesi Selatan, Parepare adalah salah satu kota terbesar setelah Kota Makassar. Karena itu, keberadaannya cukup dibutuhkan untuk mendukung fungsi ibukota propinsi itu .
          Dari sisi geografis, kota ini tidak terlalu jauh dari ibu kota provinsi. Jaraknya kurang lebih 155 kilometer  kearah utara atau memakan waktu 3-4 jam perjalanan darat.
Posisinya tepat di pesisir Selat Makassar yang memisahkan pulau Sulawesi dan pulau Kalimantan sehingga arus lalu lintas antar pulau menjadi salah satu layanan yang tersedia di beberapa pelabuhannya .
          Kota Parepare memiliki pelabuhan sebagai utama dalam transportasi laut, dimana pelabuhan yang terbesar adalah pelabuhan nusantara sebagai pelabuhan penumpang dan barang, terutama hasil bumi yang berasal dari daerah-daerah tetangga apabila hendak berkunjung pergi atau hanya singgah dikota ini pemasaran hasil komoditi daerahnya .
          Parepare saat ini juga memiliki tiga terminal angkutan umum yaitu terminal induk Lumpue, Terminal pembantu Lapadde dan Terminal Pembantu Soreang .
          Keberadaan Ruko-ruko pelabuhan maupun terminal angkutan darat dan juga terkenal dengan berbagai produk luar negeri yang merupakan dukungan terbesar bagi aktivitas roda perekonomian di Parepare .
          Dengan Tersedianya fasilitas ruko, pusat perbelanjaan ,perbankan, perumahan hingga hotel dan restoran sehingga membuat parepare sebagai kota jasa akan semakin mempercepat pencapaiannya menuju sebuah kota Bandar yang penuh harapan dan dambaan .

2.                 VISI KOTA PAREPARE
          Visi yang ingin diwujudkan dalam pembangunan Kota Parepare Tahun 2008-2013 adalah :
Parepare Sebagai Bandar Madani dengan Masyarakat yang Mandiri,Religus serta Berkomitmen Lingkungan
Bandar Madani adalah kondisian sebagai sebuah kota pelabuhan,persinggahan dan pemukiman yang memiliki kecukupan sarana dan fasilitas bagi berlangsungnya kehidupan yang sejahtera dan beperadaban tinggi .
Mandiri adalah kondisi tatanan masyarakat yang berpendidikan,sehat,inovatif,Produktif, sadar kewajiban dan Berdaya .
Religius adalah  kondisi tatanan masyarakat yang agamis, etis, cinta kerukunan dan kedamaian, saling menghargai ,serta menjunjung tinggi hak-hak sesama manusia .
Berkomitmen Lingkungan adalah kondisi tatanan masyarakat yang menghargai dan cinta terhadap lingkungan sebnagai tempat hidup serta dan efektif dalam memanfaatkan sumberdaya .

3.                 MISI KOTA PARAEPARE
          Misi Pembangunan kota Parepare dalam kurun waktu 2008-2013 adalah sebagai berikut :
1.   Mewujudkan peningkatan dan pemeretaan kesehjahteraan masyarakat ;
2. Mewujudkan kecukupan sarana,prasarana,infrastruktur dan fasilitas kota;
3.Mewujudkan Peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat;
     4.Mewujudkan tatanan masyarakat yang religious ,toleran tetib dan humanis;
     5.Mewudkan tatanan masyarakat yang berwawasan lingkungan;
     6.Mewujdkan tata kelola pemerintah yang baik .



5.      STRATEGI
            Pada prinsipnya, untuk pemerintahan dan pembangunan kedepan, strategi dasar yang akan dilakukan adalah reformasi local, yakni perubahan untuk penguatan local, mencakup aspek-aspek berikut.
Reformasi kebijakan, mencakup penyesuaian semua kebijakan dan regulasi sehingga menjadi berpihak dan berbasis masyrakat.
Reformasi sumberdaya, mencakup peningkatan kualitas dan kemampuan sumberdaya manusia, serta pemeliharaan dan pengembangan sumberdaya alam idan lingkungan.
Reformasi pelayanan, mencakup perbaikan  semua bentuk pelayanan public, pemberlakukan/perbaikan standar pelayanan minimal, serta pengembangan partisipasi masyarakat secara lebih insetif.
Reformasi ekonomi, mencakup penguatan ekonomi masyarakat pada semua sector, didukung oleh penguatan peran Investasi dari luat daerah.
Reformasi Birokrasi, mencakup penataan kelembagaan dan kewenangan, penguatan kompetensi dan keahlian, serta penciptaan pemerintahan yang bersih.
6.               TUJUAN DAN SASARAN
            Tujuan yang hendak di capai berdasarkan Misi-1” Mewujudkan peningkatan dan pemerataan kesejahteraaan masyarakat” adalah:
1.        Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ;
2.      Mengurangi jumlah rumah tangga miskin;
3.      Memenuhi kebutuhan lapangan kerja, kesempatan berusaha dan jasa ketenagakerjaan;
4.      Menjaga ketahanan pangan masyarakat;
5.      Mendorong kemajuan wisata kota;
6.      Mendorong pengembangan produk unggulan local;

Sasaran yang hendak dicapai untuk keberhasilan tujuan-tujuan pada misi ini adalah:
1.        Pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan;
2.      Pendapatan perkapita masyarakat  di atas rata-rata  pendapatan perkapita penduduk Sulawesi Selatan;
3.      Jumlah penduduk miskin di bawah rata-rata Sulawesi Selatan;
4.      Angka pengangguran di bawah rata-rata Sulawesi Selatan;
5.      Kebutuhan tenaga kerja terlayani dengan baik;
6.      Keamanan  pangan dan obat-obatan terjaga;
7.       wisata kota berkembang;
8.      Produk unggulan local berkembang;


6.               ARAH KEBIJAKAN
            Arah kebijakan untuk mencapai tujuan dan sasaran berdasarkan misi-1;” Mewujudkan peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat” adalah;
·       Pengembangan parepare sebagai “ kota jasa dan niaga”
·       Penguatan tatanan kehidupan masyrakat yang bertumouh pada sector jasa, niaga dan industry, pengembangan kelembagaan usaha dan peluang berusaha, serta penciptanya daya saing usaha dan daya saing produk yang tinggi.
·       Pengembangan system dan kualitas pengelolaan sumberdaya alam untuk kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, peternakan, perhutanan, pertambangan, dengan penguatan pada system usaha lahan subtitusional ( agroindustri dan agribisnis yang di dukung oleh teknologi produksi, pengelolahan dan pemasaran yang mutakhir).
·       Peningktan system dan kualitas pelayanan jasa ketenagakerjaan, kependudukan dan kesejahteraan social, serta legalitas Usaha.
·       Penigkatan pelayanan kepariwisata, antara lain wisata berbaris agribisnis, ekowisata, wisata belanja, penyediaan sarana akomodasi untuk wisatatwan, serta pengembangan daerah sebagai pusat informasi tujuan wisata regional.
·       Peningkatan pemantauan distribusi dan keamanan pangan dan obat.
·       Pengembangan model-model pemanfaatan sumberdaya, lingkungan, social-budaya, yang mecirikan karakteristik masyarakat-kinerja dan produk khas local berbaris kerakyatan.









BAB III
SEKRETARIAT DAERAH KOTA PAREPARE

A.                Sejarah Singkat Kantor Sekretriat Daerah Kota Parepare

Sebelum kantor Sekretariat Daerah Kota Parepare yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No. 78 Parepare, Walikota pada saat itu, Drs. H.M.Joesoef Madjid mengadakan kerja sama dengan CV. Perdana Cipta. Mereka merencanakan tentang Pembangunan Kantor Daerah yang rencananya akan didirikan pada luas areal tanah berskala 1: 200, tawaran itu tidak langsung diterima oleh pihak CV. Perdana Cipta tetapi dengan melalui pertimbangan yang matang, akhirnya penawaran kerjasama itupun diterima sehingga tahun 1979 Kantor Daerah dibangun dan diresmikan oleh Amir Mahmud dari Jakarta pada tahun 1982.
Kantor Daerah tersebut yang terdiri dari beberapa bagian diadakan renovasi perombakan dan penambahan beberapa bangunan dan perbaikan terus menerus sampai menjadi seperti sekarang ini sehingga saat ini jumlah keseluruhannya 10 (sepuluh) bagian.
Adapun pejabat-pejabat Walikota sejak terbentuknya Kota Praja hingga Kota Parepare sekarang ini, adalah sebagai berikut :

1.            H. Andi Mannaungi                      Walikota KDH                  (1960-1965)
2.          Andi Mappangara                       Walikota KDH                   (1965-1968)
3.         H. Andi Makkoelaoe                      Pgs.Walikota KDH           (1968-1969)
4.          Drs. A. Mallarangeng                  Walikota KDH                   (1969-1972)
5.         Abdullah Adjaib                          Walikotamadya KDH         (1972-1973)
6.         Drs. H. Prawansa                       Walikotamadya KDH         (1973-1977)
7.          Drs. H. Joesoef Madjid               Walikotamadya KDH         (1977-1983)
8.         Drs. H. Andi Samad Thahir          Walikotamadya KDH         (1983-1988)
9.         H. Mirdin Kasim, SH.M.Si             Walikotamadya KDH         (1988-1993)
10.  Drs. H. Syamsul Alam Bulu, M.Si     Walikotamadya KDH         (1993-1998)
11.     H. Basrah Hafid, SH. MM                 Walikota                          (1998-2003)
12.   Drs. H.Tadjuddin Kammisi,MM.         Walikota                          (1998-2003)
13.   Drs. H. Mohammad Zain Katoe        Walikota                          (2003-2008)


B.    Visi dan Misi Sekretariat daerah Kota Parepare
I.       VISI
Terwujudnya Sekretariat Daerah sebagai organisasi yang terdepan dalam pelayanan Administrasi Pemerintah dan Pembangunan dalam mendukung visi kota parepare”.
II.   MISI
1.        Mewujudkan System Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah dan Pembangunan  serta Pelayanan Publik yang efisien dan efektif;
2.      Menciptakan hubungan kerja yang Harmonis, baik dengan satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kota Parepare maupun instansi vertical;
3.     Meningkatkan efesien dan efektivitas Pembinaan dan Pelayanan Kepada Pangkat Daerah, Masyarakat dan Lembaga Pemerintah lainnya;
4.      Meningkatkan Kinerja Organisasi dan Ketatalaksanaan, dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasi Pelaksanaan Tugas Dinas dan Lembaga Teknis Daerah;
5.     Melaksanakan Pembinaan Administrasi dan Pemamfaatan Sumber Daya Apatur serta Keuangan Daerah;
6.     Meningkatkan Kesejahteraan Aparatur Sekretariat Daerah serta Sarana dan Prasarana Kerja.

C. Bagian-bagian dan Tugas Pokok dalam Sekretariat Daerah Kota Parepare
I. Sekretaris Daerah
     Sekertaris daerah mempunyai tugas pokok dan kewajiban membantu Walikota dalam melaksanakan penyelenggara pemerintah, pembangunan dan pembinaan masyarakat, pembinaan administrasi, organisasi dan tata laksana serta menyusun kebijakan dan menkoordinasi dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

II. Asisten Bidang Pemerintahan
      Asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat mempunyai tugas membantu sekretaris daerah dalam penyelenggaraan tugas pokok pengkoordinasian kebijakan administrasi pemerintah umum, kesejahteraan rakyat, pembinaan hubungan kemasyarakatan serta memimpin, merencanakan, menkoordinasikan bagian-bagian yang terkait dengan bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, pembinaan hubungan kemasyarakatan serta memimpin, merencanakan, menkoordinasikan bagian-bagian yang terkait dengan bidang pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat. Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan rakyat terbagi 3 (tiga) bagian yaitu

a.     Bagian  Pemerintahan
Bagian tata pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pengkoordinasian dan penyiapan rancangan kebijakan penyelenggaraan administrasi pemerintahan umum termasuk penataan kewenangan dan pelimpahan kewenangan , pengawasan dan pembantuan, ketentraman, ketertiban, perlindungan masyarakat, penanggulangan bencana, kependudukan, dan kerjasama serta melaksanakan sebagian kewenangan di bidang pertanahan secara berjenjang berdasarkan peraturan yang ada serta penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan. otonomi daerah, perangkat daerah dan pemerintah kecamatan dan kelurahan.
b.     Bagian Hukum dan Perundang-undangan
Bagian hokum dan perundang-undangan mempunyai tugas pokok merumuskan, merencanakan, membina, mengawasi kegiatan Program Peraturan Perundang-undangan dan dokumentasi hokum, Bantuan hokum, dan Hak Asasi Manusia (HAM) dan tidak lanjut.
c.      Bagian Humas dan Protokol
Bagian humas dipimpin oleh seorang kepala bagian yang mempunyai tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi pelaksanaan tugas kesatuan bangsa dan politik, pemuda, olahraga dan pemberdayaan masyarakat serta pembinaan-pembinaan Humas & Protokol, guna memperjelas kebijakan pimpinan dan pemerintah daerah serta kelancaran hubungan komunikasi antar tingkatan pemerintah.




III. Asisten Bidang Ekbang dan Kesra
       Asisten sekertaris daerah bidang perekonomian dan pembangunan mempunyai tugas merumuskan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan, melaksanakan tugas pokok di bidang administrasi pembangunan, sumber daya alam dan perekonomian.
Asisten bidang perekonomian dan pembangunan terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu :
a.   Bagian Ekonomi dan Penanaman Modal
Bagian ekonomi dan penanam modal dipimpin oleh kepala bagian yang mempunyai tugas pokok merumuskan, merencanakan, membina dan mengawasi program dan koperasi dan usaha kecil, menengah, perindustrian, perdagangan, penanam modal dan badan usaha daerah.

b.  Bagian Pembangunan
Bagian pembangunan dipimpin oleh seorang kepala bagian mempunyai tugas pokok melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Pembina administrasi pembangunan, melaksanakan kegiatan dalam lingkup secretariat daerah, pengendalian dan pelaporan kegiatan pembangunan serta menyusun program kerja pemerintah daerah.
c.                              Bagian Kesra
Bagian kesejahteraan rakyat dipimpin oleh seseorang kepala bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi dan penyiapan rancangan kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan, social, tenaga kerja, transmigrasi, pemberdayaan perempuan, KB dan pembinaan mental spiritual dan keagamaan.

IV. Asisten Bidang Administrasi Umum
     Asisten bidang administrasi umum mempunyai tugas pokok merumuskan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan pelaksanaan tugas di bidang hukum dan perundang-undangan, organisasi dan tatalaksana, keuangan dan umum.


 Asisten  bidang administrasi umum terdiri dari 4 (empat) bagian yaitu :
Bagian Umum
Bagian umum dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris Daerah dalam melaksanakan kegiatan dan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan ketatausahaan pimpinan, kearsipan, urusan rumah tangga dan perlengkapan.
a.     Bagian Keuangan
Bagian keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang mempunyai tugas melaksanakan, menyiapkan, penyusunan rencana anggaran Sekretariat. Daerah mengurus dan menata usahakan keuangan serta menyiapkan laporan keuangan secretariat daerah.
b.     Bagian Pengelolaan Aset
Bagian Pengelolaan Aset dipimpin oleh Kepala bagian yang mempunyai tugas pokok merumuskan, merencanakan dan mendistribusi,inventarisasi aset,pengawasan dan penghapusan aset .
d.                             Bagian Organisasi dan Tata Laksana
Bagian Organisasi dan Tata Laksana mempunyai tugas mengkaji bahan kebijakan umum dan fasilitasi penataan kelembagaan dan analisis jabatan, ketatalaksanaan dan pembinaan standar pelayanan serta pengembangan kinerja kepegawaian serta mengkoordinasikan melaksanakan tugas bidang kearsipan, perpustakaan dan kepegawaian.



BAB IV
PENUTUP

A.                KESIMPULAN

                 Setelah menyelesaikan praktek kerja industri (PRAKERIN) pada SETDAKO parepare pada Bagian Organisasi kami dapat menyimpulkan sebagai merikut :
1).       Tidak semua kita pelajari disekolah bisa di praktekkan di  perusahaan/instansi.
2).      Dengan melakukan praktek Kerja Industri (PRAKERIN) kita bisa mengetahui atau mengenal yang namanya instansi sehingga jika kita bekerja kita akan lebih terbiasa
B.                SARAN

            Selama Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini kami banyak mendapat pengalaman yang sangat berarti yang nantinya mampu kami terapkan didunia usaha yang akan kami jalankan diwaktu yang akan datang,dan tentunya banyak hikmah yang dapat kami petik,namun manfaat tersebut belum cukup untuk dijadikan pedoman karna adanya kekurangan yang ada pada diri kami,namun kami sangat mengharapkan bantuan atau saran-saran yang sifatnya membangun.
          Adapun saran-saran yang dapat kami kemukakan :
1.           Untuk Perusahaan
a).   kami harapkan kepada perusahaan agar siswi-siswi diberi bimbingan dari para pelaksana yang tentunya berpengalaman dalam hal pelaksanaan pekerjaan.
b).   kami harapkan agar perusahaan/dunia industri setiap saat akan memberikan kesempatan pada siswa/siswi SMK NEGERI 1 PINRANG untuk melaksanakan PRAKERIN untuk membina generasi seutuhnya.




2.        Untuk Sekolah
a).   agar siswa-siswi SMK NEGERI 1 PINRANG angkatan selanjutnya yang akan melaksanakan PRAKERIN perusahaan hendaknya dibekali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.
b).   Sebelum siswa-siswi dilepaskan untuk mengikuti Praktek Kerja Industri diperusahaan/dunia industri terlebih dahulu dipermantapkan dalam hal perencanaan .


          Demikianlah kesimpulan dan saran-saran yang telah kami kemukakan baik untuk perusahaan maupun untuk sekolah,dengan harapan semoga memperoleh tanggapan yang positif dan dapat bermanfaat guna meningkatkan mutu pendidikan baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang guna menjadi jembatan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi penerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar