Senin, 19 November 2012

TIPS SEHAT MEMASAK MIE INSTAN


 Jika Anda terbiasa memasak mie instan dengan memasukkan mie ke dalam air mendidih beserta bumbunya, ini cara yang salah.

Bumbu mie instan biasanya mengandung MSG (Monosodium Glutamat) yang jika dimasukkan ke dalam air mendidih dapat berubah struktur molekulnya dan membuatnya beracun. Satu hal lagi yang mungkin tidak Anda sadari adalah mie instan dilapisi oleh lilin (wax) di mana tubuh memerlukan waktu sekitar 4-5 hari untuk mencernanya.


Berikut ini adalah cara terbaik untuk memasak mie instan yang patut Anda coba:
1.    Masak mie di dalam air mendidih.
2.    Setelah cukup maang, angkat dan buang air yang mengandung lilin.
3.    Rebus lagi air dalam panci dan masukkan mie ke dalam air yang mendidih panar, lalu matikan api segera.
4.    Hanya pada tahap ini ketika api dimatikan  dan air panas mendidih, masukkan semua bahan dan bumbu bubuk ke dalam mie.
5.    Namun, jika Anda ingin menghidangkan mie kering, ambil mie keluar dari air baru tambahkan sebuah bahan dan bumbu. Aduk rata dan mie siap disajikan.
 

Jika Anda membeli mie hakka (mie China), Anda perlu memasaknya di dalam air mendidih, lalu buang airnya. Kemudian untuk mencegah agar mie tidak lengket, masukkan satu sendok teh minyak saat merebus mie.

Mie instan mentah tidak dipersiapkan secara sehat ketika Anda membelinya, apalagi dengan kandungan MSG dan pengawet kimia lainnya. Sejumlah pasien infeksi pankreas berusia 18-24 tahun mengaku mengkomsumsi mie instan secara teratur. Mie instan bisa jadi berbahaya bagi tubuh, jika Anda mengkomsumsinya lebih dari tiga kali dalam seminggu.


SELAMAT MENCOBA!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar